PROFIL KEPALA
SD NEGERI MRIYUNAN SIDAYU GRESIK
Nama : INNIK HIKMATIN,S.Pd.M.Pd.I
Nip : 19651011199303 2 005
Nomor SK PLT : PLT KEPALA SD NEGERI MRIYUNAN
( 821.2/ 2735 / 403.53/ 2003 )
Tanggal SK : 20 OKTOBER 2003
Lembaga yang
Mengeluarkan SK : DINAS P DAN K KABUPATEN GRESIK
Nomor SK Definitif : 821.2/09/403.32/SK /2004
Tanggal SK : 20 AGUSTUS 2004
Lembaga yang
Mengeluarkan SK : BUPATI GRESIK
PRESTASI AKADEMIK | |||
1. Peserta Lomba Mengarang Fiktif TK Nasional Tahun 1998 2. Guru Berprestasi TK. Jawa Timur Tahun .2003 3. Peserta Guru Berprestasi TK. Nasional Tahun .2003 4. Peserta Lomba IMTAQ-IMTEK TK.Nasional Tahun 2003 5. Juara Harapan III Inovasi Pembelajaran TK..Nasional Th.2003 6. Juara II Inovasi Pembelajaran TK.Nasional Tahun .2004 7. Finalis Tk.Nasional Inovási Pembelajaran Tahun . 2005 8. Juara I Kepala Sekolah Berprestasi TK.Kabupaten Tahun 2007 9. Shotting hasil Inovasi Pembelajaran TK.Nasional oleh BPMTV Pusat dan Dierktorat Tenaga Kependidikan Tahun 2007 ( Dokumentasi CD Inovasi Pembelajaran TK.Nasional oleh Innik Hikmatin ) 10. Juara III Kepala Sekolah Berprestasi TK.Propinsi Jawa Timur ( Kategori SD) Tahun 2007 11. Juara 1 Keluarga Harmoni Sejahtera TK.Kabupaten Tahun 2007 12. Lulus Sertifikasi Jabatan Guru Tahun 2008 | |||
Pengalaman Jabatan : 1. Tahun 1987 Merintis SLB Muhammadiyah Sidayu 2. Tahun 1987 – 2003, Guru dan Kepala SLB Muhammadiyah Sidayu Gresik 3. Tahun 1987 -2003 : a. Pembina Pramuka SMP Muhammadiyah 9 Sidayu Gresik b. Petugas Perpus SMP Muhammadiyah 9 c. Guru ( Mapel yang pernah saya pegang : PKK, Kertakes / SBDK, Biologi, Ekonomi ) kelas 1, 2 dan 3 ) 4. Tahun 2003 Sampai sekarang Tahun 2011 , Guru & Kepala SD Negeri Mriyunan Sidayu Gresik ( Penyelenggara Sekolah Inklusi ) 5. Tahun 20010, merangkap PLT Kepala SDN Ngawen Sidayu | |||
Experience | |||
2003 – 2009 Trainer Kab. Gresik, Jatim 1. Pelatih Guru SD/MI Kelas Awal Sasaran Tahap I IAPBE Kabupaten Gresik ( 20 Sekolah Sasaran ) ( IA – IF ) 2. Pelatih Guru SD/MI Kelas Awal Non Sasaran ( 216 Sekolah SD/MI ) di Kabupaten Gresik Tahap 1 dan 2 3. Memberi materi Pelatihan MBS, PSM, PAKEM, KOMITE SEKOLAH untuk Komite Sekolah Tahap I di Kabupaten Gresik ( IA – IF ) 4. Memberi materi Pelatihan MBS, PSM, PAKEM, KOMITE SEKOLAH untuk Komite Sekolah Desiminasi Wilayah Selatan di Kabupaten Gresik ( IA – IB ) 5. Memberi materi Pelatihan MBS, PSM,PAKEM, Komite Sekolah kepada Guru, Kepala Sekolah dan Yayasan /Komite Sekolah MI Morowudi Kabupaten Lamongan ( 50 Orang ) 6. Memberi materi Pelatihan MBS, PSM,PAKEM kepada Guru, Kepala Sekolah SDN Sidokumpul I Kabupaten Gresik ( 40 Orang ) 7. Memberi Pembinaan secara tidak formal tentang PAKEM kepada Guru SDN Sidokumpul I Kabupaten Gresik ( berkesinambungan ) 8. Memberi materi Pelatihan Guru SD/MI Kelas Awal Kec.Ujung Pangkah Kabupaten Gresik ( 40 Orang ) 2 X / berkesinambungan 9. TIM Perumus Rencana Pengembangan KKKS-KKG Kec.Sidayu 10. Mengatur dan merancang Workshop Program Kecamatan Sidayu / KKKS-KKG Kec.Sidayu 15 hari ( tahap 1 untuk semua mata pelajaran ) Berkesinambungan 11. Mengatur dan merancang RTL Workshop Program Kecamatan Sidayu / KKKS-KKG Kec.Sidayu ( tahap 2 untuk semua mata pelajaran ) Berkesinambungan .. 12. Pendamping Sekolah Sasaran tahap I ( MI Ihya’ul Ulum Dukun Gresik ) 13. Pendamping Sekolah Sasaran tahap I ( SDN Babaksari Kec.Dukun Gresik ) 14. Terpilih Tim MONEV Program IAPBE ( Tidak terlaksana karena ada tugas ganda untuk mengikuti Pelatihan Managerial Sklill Kepala Sekolah Tk.Nasional di Bogordan Orientasi Pendidikan Inklusi Tk.Nasional di Surakarta ) 15. Terpilih Pelatih School Clinic Kabupaten Gresik ( pelaksanaan bulan April-Mei 2007 ) 16. Tim Penilai Guru Berprestasi Tk.Kecamatan 17. Pembimbing Guru Berprestasi Tk.Kabupaten dan Kecamatan 18. Terpilih sebagai Pelatih Tim Sekolah , Kepala Sekolah, Guru SD/MI,SMP,SMA yang bertugas di Bontang Kaltim ( Kutai Utara, Kutai Timur dan Kutai Kertanegara ) tentang KTSP dan Penguatan Lembaga Bulan Maret 2008 dan perencanaan ke Bontang lagi tgl 13 – 17 Juli 2008. 19. Instruktur Semiloka PTK Jawa Pos Program Untukmu Guruku Tahun 2007/ 2008 20. Tim Perumus/Penyusun KTSP Muatan Lokal PLH daerah Pesisir 21. Tim Hisbul Waton Out Bond Manakjement Training ( Tim Hiswa OMT Daerah Gresik ) 22. Tim Penyusun Kisi-kisi dan Soal UAS, UAN PLB Prop.Jatim. 23. Koordinator Pelaksana ,Tim Telaah Kisi –kisi dan Soal Kelas Awal (1,2 dan 3) Kecamatan Sidayu. Organisasi Tahun 2005 - 2010 1. Sebelum Tahun 2005 a. Ketua Kelompen Capir PKK Lestari Desa b. Pengelola Perpus Desa sejak 1987 -1989 c. Sekretaris PKK Desa d. Ketua PKK RT e. Ketua Pokja III Desa f. DKR Kwaran Sidayu g. Sekretaris Dharmawanita Kec. & Unit Persatuan Dinas P dan K h. Pimpinan Aisyiyah Cabang Bag.Kaderisasi dan Peningkatan SDI i. Pimpinan Aisyiyah Ranting Golokan Sidayu j. Pengurus HW Cabang 2. Andalan Giat Pelatihan Gerakan Pramuka Kwaran Sidayu 3. Sekretaris Dharma Wanita Kec.Sidayu & Seksi Pendidikan DharmaWanita Persatuan Dinas Pendidikan Kec.Sidayu 4. Sekretaris KKKS SD Negeri /Swasta Kec.Sidayu 5. Sekretaris II PGRI Kecamatan Sidayu 6. Sekretaris Dikdasmen Cabang Aisyiyah Sidayu Gresik 7. Pimpinan Aiyiyah Majelis Dikdasmen Ranting Golokan Sidayu 8. Pengelola Lembaga Tartil Al-Qur’an Musholla Ibrahim Sedagaran Sidayu KARYA ILMIAH 1. Peserta Lomba KTI/PTK ( Inovasi Pembelajaran ) Tahun 2003 2. Peserta Workshop KTI/PTK Tk.Nasional Tahun 2003 3. Peserta Lomba KTI/PTK ( Inovasi Pembelaaran ) Tahun 2004 4. Peserta Lomba IMTAQ / IPTEK LIPI Tahun 2004 5. Peserta Lomba KTI/PTK ( Inovasi Pembelaaran ) Tahun 2005 6. Peserta Lomba KTI/PTK ( Inovasi Pembelaaran ) Tahun 2006 7. Tim Penilai Forum Ilmiah Pendidik Kabupaten Gresik Mulai 2004 – sekarang. | |||
Leader Scho | 2003 – Sampai Sekarang | ||
1. Merancang dan melaksanakan Penyelenggara Program Sekolah Inklusi SD Negeri Mriyunan Sidayu Gresik 2. Melaksanakan Supervisi klinis. 3. Merancang pelaksanaan KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi ) di SD Negeri Mriyunan Sidayu sejak tahun 2002. 4. Merancang pelaksanaan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ) di SD Negeri Mriyunan Sidayu tahun 2006 untuk persiapan menyambut Tahun Pelaaran 2007 - 2008 5. Membuat bersama-sama guru silabus dan sistim penilaian sesuai kebutuhan. 6. Merancang Lesson Plan dan Penilaian berdasar acuan Kriteria. 7. Merancang dan melaksanakan pembinaan rutin untuk meningkatkan profesionalisme guru. 8. Merancang jaringan antar sekolah-sekolah di Gresik 9. Merancang dan melaksanakan pembinaan wali murid atau Komite Sekolah. 10. Merancang raport sesuai kebutuhan wali murid. 11. Merancang bersama stakeholder pendidikan dalam rangka penyusunan program harian, mingguan, bulanan dan tahunan yang dibuat bersama di awal tahun. 12. Monitoring perkembangan dan keterlaksanaan program harian, mingguan, bulanan dan tahunan yang dibuat bersama pengurus di awal tahun. Pendiri dan Direktur 1. Merancang pemberdayaan Sekolah Luar Biasa /SLB sejak Th 1987 2. Merancang dan melaksanakan Program Kelas Jauh /Sekolah Imbas 4 SD di Kec.Sidayu 3. Mendesain materi-materi sesuai kebutuhan siswa di Sekolah Imbas 4 SD di Kec.Sidayu 4. Membuatkan konsep TK / PAUD /Diniyah/TPA yang akan berdiri. 5. Menyelesaikan banyak masalah melalui telepon/Hp untuk berdiskusi tentang PAKEM dari para guru yang sudah dilatih/ bertemu. TRAINER 2003 - Sekarang ________________________________ Tutor di berbagai pelatihan ( Kepala sekolah, Komite, Guru Kelas Awal, Para Orang tua, Tutor Kejar Paket C dan Penilik,Kader Posyandu dan Ibu Kepala Desa,Kader Organisasi) baik di TK. Nasional ( Kaltim),TK.Propinsi (Instruktur Semiloka PTK Jawa Pos), TK.Kabupaten (Trainer IAPBE/AUSAID), Trainer HESS Indonesia Pangkah maupun TK.Kecamatan ), Adapun materi sbb : 1. Menciptakan Lingkungan Sekolah yang Kondusif 2. Menciptakan Lingkungan Sekolah yang Sehat 3. Media Pembelajaran 4. Inovasi Pembelajaran PAKEM 5. Karakteristik Kepala sekolah yang Profesional 6. Penulisan Kisi-Kisi soal 7. Team Building dan Outbound Training 8. Pola Asuh Anak 9. Tematik dan PAKEM di PLB 10. Strategi Pembelajaran 11. KBK 12. CTL/ PAKEM 13. MPMBS 14. Pembelajaran Tematik 15. KTSP 16. Pendidik yang Profesional dan Bermartabat 17. Penyusunan Program Kerja ( Komite dan Kepala Sekolah ) 18. RPPS (Rencana Pengembangan Program Sekolah) 19. Visi Misi dan Profesionalisme Guru 20. Pengembangan Diri 21. Dinamika Kelompok 22. Multiple Intelligence 23. Budaya sekolah sebagai agen perubahan 24. Kepala Sekolah Efektif 25. Penanganan ABB (Anak Berkesulitan Belajar ) 26. Diagnosis Kesulitan Belajar 27. Penilaian 28. ESQ 29. Clasroom Action Research ( PTK ) 30. Supervisi Klinis | |||
Education | |||
1. SD Negeri Mriyunan Sidayu Tahun 1977 2. SMP Negeri I Sidayu Tahun 1980/1981 3. SMA Negeri II Surabaya jurusan IPA Tahun 1984 4. SGPLB Negeri Surabaya Tahun 1987 5. S1 FIP PGPLB UNESA Tahun 2000 6. S2 Sekolah Tinggi Agama Islam Qomaruddin Gresik Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Tahun 2002 | |||
Interests | |||
Pencinta alam, tenis meja, membaca, dan bergelut dalam Dunia Teater | |||
Tips | |||
CITA-CITA | Jika ingin memperbaiki sekolah No. 1 perbaiki gurunya, no 2 perbaiki gurunya, No 3 perbaiki gurunya. 1. Menjadi Uswah Hasanah bagi peserta didik , teman guru dan masyarakat sekitar dimana saya berada. 2. Selalu berusaha untuk membahagiakan dan memuaskan orang lain, terutama dalam hal tugas dan tanggung jawab yang telah dipercayakan kepada saya, baik dilingkungan sekolah, masyarakat dan yang terkait. Sehingga saya selalu berusaha untuk meningkatkan SDI yaitu dengan belajar- belajar dan selalu berusaha untuk memberikan pelayanan prima kepada mereka semua, sehingga dengan kehadiran saya, mereka merasa puas, bahagia ( berkualitas baik fisik maupun psikis, pengetahuan, ketrampilan, semangat, disiplin), memberikan rasa keamanan dan kenyamanan, produktif. Keberhasilan saya disekolah, masyarakat dan sekitarnya, saya serahkan sepenuhnya kepada Allah.Kalau saya berhasil dan sukses berarti itu adalah karena keridloan Allah Swt.Kalau belum berhasil, itu adalah merupakan cambuk bagi saya untuk menghadapi tantangan tersebut. Untuk itu dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab kami dan dalam menghadapi hidup ini selalu ingat firman Allah dala Al-Qur’an Surat Ash-Shaff yaitu ” Kemenangan hanya dapat diperoleh dengan pengorbanan” 3. Berusaha untuk memberikan yang terbaik kepada orang lain dan selalu berusaha menjadi orang yang manfaat bagi orang lain. 4. Menjadi Ibu yang baik bagi anak-anak kami : a. Menyusun sejarah perjalanan tumbuh kembang dan pola asuh anak pertama dan kedua mulai lahir sampai ia tumbuh remaja. Berupa ” Who Am I ................................. ” ( Alhamdulillah sudah terkondisi ) b. Penanaman disiplin sejak dini, belajar untuk peduli lingkungan, suka dan pandai membaca perasaan orang lain/ empati. c. Sholat 5 waktu, sepakat semua keluarga ( 2 anak saya dan suami ) dimanapun berada berusaha untuk sholat berjama’ah . d. Berusaha untuk menjadi tauladan bagi anak-anak kami, terutama dalam hal berakhlak, kebiasaan beribadah dan penanaman iman dan taqwa kepada Allah Swt. e. Selalu memberikan keleluasaan kepada anak-anak untuk berkembang dan berpikir sesuai perkembangannya f. Penanaman konsep bahwa orang hidup harus penuh perjuangan dan pengorbanan. ( InsyaAllah , Allah akan selalu memberi kemudahan dan memberi yang terbaik kepada hambanya yang selalu dan selalu berjuang dan berjihad dijalan Allah Swt. ) 5. Dalam keluarga, berusaha untuk mewujudkan keluarga yang sakinah mawaddah warohmah. (Alhamdulillah apa yang kami cita-citakan bersama keluarga, pada Tahun 2007 kami bersama keluarga dinobatkan sebagai ”Keluarga Harmoni Sejahtera” Kabupaten Gresik juara I. 6. Berusaha untuk memberikan yang terbaik kepada orang lain dan selalu berusaha menjadi orang yang manfaat bagi orang lain. 7. Berusaha memberikan bimbingan kepada peserta didik baik dala hal bimbingan pribadi, sosial, vocasional ( life skill ), karena bimbingan itulah merupakan faktor pendukung bagi keberhasilan pendidikan. Guru tidak hanya mengajar, tetapi membimbing, mendidik, dan melatih 8. Berusaha untuk menciptakan keharmonisan dengan komunitas sekolah atau warga sekolah. 9. Untuk mencapai tujuan Pendidikan Nasional, seorang guru harus belajar- belajar untuk mencapai keberhasilan dalam pembelajaran. Karena keberhasilan pembelajaran disekolah dipengaruhi oleh faktor guru. Kata Bapak H.Malik Fajar tentang pengaruhnya seorang guru : Pada suatu padepoan silat ada guru ulung yang dijuluki ”Pendekar ”. Pada pondok pesantren ada guru”Alim ” yang dijuluki ”Kyai” dan pada perguruan tinggi ada pakar yang dikukuhkan sebagai ”Guru Brsar ”. Orang-orang arif menasehati bahwa kalau hendak belajar silat, datanglah ke pendekar kondang, kalau hendak belajar agama datanglah pada tersohor, dan hendak kuliah kepada sang guru besar kenamaan. Konon pula, bahwa kekondangan pada suatu padepoan silat melekat pada ”nama besar ”pendekarnta ”kemasyhuran pada suatu pondok pesantren melekat pada ”Nama Besar Kyainya” dan gengsi pada perguruan tinggi melekat pada nama besar profesornya ( Musytofa Syarif, 1998:210 ) Begitulah kehebatan peran dan pengaruh guru. Sehingga ahli sejarah terkemuka Henry Adams, berkata bahwa ”Seorang guru itu berdampak abadi, ia tidak pernah tahu, dimana pengaruhnya itu berhenti ”( H.A.Malik Fajar, 1998:212) Dari uraian diatas, menunjukkan bahwa komponen yang dapat mempengaruhi keberhasilan dalam pendidikan adalah GURU. Oleh karena itu kami sebagai guru berusaha untuk memilki berbagai kompetensi ( baik kompetensi pribadi, profesional,sosial maupun pedagogik ). Disamping itu kami selaku huru, harus dapat mendiskripsikan secara mendasar dan mendalam tentang peserta didik yang ingin dihasilkan. Sehingga peserta didik yang kami ayahi, memilki kesiapan dalam menghadapi tantangan dan mentisipasinya.Pendidikan tidak hanya dilaksanakan dalam ruang hampa, tetapi relevan dengan kegiatan sosial budaya yang lebih luas. Dengan demikian guru dituntut selalu bersikap dalam pengembangan pendidikan. Sehingga peserta didik benar-benar kelak menjadi ” Generasi Khoiroh Ummah ” beriman dan bertaqwa, dewasa dalam bersikap, memilki daya pikir dan semangat mandiri, kreatif, dinamis, berakhlak mulia. |
0 comments:
Posting Komentar